Jumat, 03 Desember 2010

Teman atau Musuh..

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga kan note ku yang satu ini hingga bisa ku tulis di sini. setelah sekian lama tertunda, karena ada ujian tengah semester lah, ingin refreshing sebentar hingga note ku ini terbengkalai.. Buat note ini pun, sukses membuatku bingung untuk merangkai kata-katanya. Yah, untunglah aku sempat membaca sebuah note guru les pengajar kimia ku,hingga timbullah inspirasi membuatnya juga.. hehehe makasih banyak ku ucapkan untuk guru ku itu,, maaf jika dalam note ku ini ada kata-kata yang hampir sama.. ^^

Ahh.. tuh kan hampir saja aku lupa menceritakan isi note ku ini... ! Baiklah.. baiklah... akan ku mulai ceritanya..

Salam kenal kawan.. !!

Hari ini,dengan senang hati aku akan menceritakan tentang diriku dan temanku.. eits,, bukan teman ?? musuh kali yaa ?? tapi,, kami senasib.. apa dong namanya ?? teman atau musuh ya ?? Nanti deh aku ceritakan, semoga kalian tak bosan dan jenuh ya kawan mendengar ceritaku ini karena mungkin akan panjang nieh cerita..
Baiklah, aku akan memulai ceritaku ini dengan namaku.. Namaku memang agak panjang kawan, tetapi ngga panjang-panjang banget kog.. hanya enam huruf kawan... iyee,, hanya enam huruf !! inget tuh baik-baik ya !! Namaku itu adalah B.U.F.F.E.R.... ya benar buffer.. !!

Hmm,, bagi kalian seh mungkin namaku ini sudah tak asing lagi di telinga kalian,, tapi kalian belum tahu mendetail kan tentang diriku ini.. Kalian tahu layaknya manusia, aku juga mempunyai sifat baik dan buruk.. Hei,, aku pun berperan banyak lohh dalam tubuh kalian.. sebut saja sistem penyangga karbonat ( H2CO3/HCO3- ) yang berperan menjaga pH darah kalian,, ada juga sistem penyangga fosfat ( H2PO4-/H2PO4-- ) yang berperan dalam menjaga pH cairan intrasel.. aku baik kan pada kalian.. !!
Ohh iya,, aku bahkan belum memberitahu nama kerenku pada kalian semua ya.. nama kerenku itu adalah Larutan Penyangga.. itu loh yang tadi sudah aku sebutkan...

Ini nie yang paling menyebalkan,, sifat jelek ku selalu saja di manfaatkan oleh para manusia lab itu.. iy,, sampai sekarang pun aku belum bisa melawan mereka.. Selalu saja ketahuan.. Ah.. sungguh terlalu !!
Apalagi para manusia lab itu selalu pintar dalam menganalisis diriku.. yah,, hanya dengan mengetahui ada larutan asam/basa dengan garamnya sudah dipastikan aku ada..

Dalam tubuhku ini memang terbentuk dari asam/basa lemah dengan garamnya sehingga sifat jelekku selalu saja ketahuan oleh para manusia lab itu.. Sifat lain yang selalu saja bisa mempertemukan ku dengan para manusia lab itu adalah, dicampur dengan air, asam, ataupun basa.. pH yang terkandung dalam tubuhku tidaklah berubah, kawan.. !! Dalam reaksi pun misal antara CH3COOH dengan NaOH larutan garamnya akn menjadi CH3COONa,, dan jika yang bersisa adalah CH3COOH sudah dipastikan aku si buffer pasti ada.. Hmmm,, mudah sekali bukan menemukan diriku..

Sebenarnya ada juga tuh yang senasib denganku.. Tapi aku juga bingung menyebut dia musuh atau temanku ya ?? Dia adalah H.I.D.R.O.L.I.S.I.S. namanya memang agak panjang kawan,, tapi jangan bingung yahhh.. !! Huuhh,, dia itu selalu saja membuatku iri jika aku dilihat karena sifat kelemahanku maka dia berbanding terbalik yakni dilihat dari sifat kekuatannya.. Untuk mengetahui bahwa hidrolisis itu ada maka para manusia lab itu akan melihat dirinya dari larutan garamnya,, yah.. garamnya dilihat dari sifat asam/basa yang kuat..

Itulah aku dan hidrolisis layaknya baik dan buruk, Tuhan menciptakan kami saling bertolak belakang tapi unik. Misalnya dalam buffer,, jika yang diketahui asam lemah dengan garamnya maka daerah kekuasaannya berada di bawah 7,, sedangkan jika yang diketahui basa lemah dengan garamnya maka daerah kekuasaannya berada di atas 7.. Lain hal dengan hidrolisis,, karena yang dilihat berdasarkan garamnya maka jika sifat garamnya adalah asam kuat daerah kekuasaannya berada di bawah 7,, sedangkan jika sifat garamnya adalah basa kuat maka daerah kekuasaannya di atas 7..
Itulah mengapa aku bingung menyebut hidrolisis sebagai teman atau musuhku,, disebut teman karena aku merasa senasib dengannya dan disebut musuh karena para manusia lab itu selalu saja membanding-bandingkan ku dengannya.. Sungguh menyebalkan !

Sudah ku bilang bukan, bahwa sangat mudah membedakan ku dengan hidrolisis itu. Lihat saja contohnya :

NH4OH dan NH4CL : amonium hidroksida dan amonium klorida

CH3COOH dan CH3COONa : asam asetat dan natrium asetat

HCN dan KCN : asam sianida dan kalium sianida

H2CO3 dan KHCO3 : asam karbonat dan kalium karbonat

anak-anakku yang bersifat asam ini memiliki harga tetapan ionisasi yang kecil, sehingga para manusia lab itu menuliskan :

[H+] = Ka. Ca/Cg

pH = pKa + log Ca/Cg

sedangkan untuk anak-anakku yang bersifat basa memiliki harga ionisasi yang besar, sehingga di tuliskan :

[OH-] = Kb . Cb/Cg

pOH = pKb + log Cg/Cb

lain halnya dengan hidrolisis, dia memiliki banyak anak.. terdiri dari 4 kategori lagi.. wwuuiiihhh.. !! ini dia nie mereka :

Tidak Terhidrolisis, yakni garam yang terbentuk dari asam kuat dan basa kuat sedangkan wilayah kekuasaannya sama dengan 7 (pH=7) :

NaCl : Natrium klorida

CaSO4 : Kalsium sulfat

K2SO4 : Kalium sulfat


Hidrolisis sebagian (parsial) asam, yakni garam yang terbentuk dari asam kuat dan basa lemah sedangkan wilayah kekuasaannya dibawah 7 (pH<7) :

NH4Cl

AgCl2

CuCl2

dengan harga tetapan ionisasinya adalah :

[H+ ] = √Kw/Kb x [garam]

Adapun Hidrolisis sebagian (parsial) basa, yakni garam yang terbentuk dari basa kuat dan asam lemah sedangkan wilayah kekuasaannya diatas 7 (pH>7) :

CH3COONa : Natrium asetat

NaCN : Natrium sianida

KCN : Kalium sianida

dengan harga tetapan ionisasinya adalah :

[OH-] = √Kw/Ka x [garam]

Satu lagi nieh,, yakni Hidrolisis sempurna (total) garamnya terbentuk dari asam lemah dan basa lemah sehingga wilayah kekuasaan pHnya tergantung dari Ka dan Kb garam tersebut :

CH3COONH4

AlCN3

Fe2S

dengan harga tetapan ionisasinya :

Ka > Kb : [H+] = √Kw/Kb x Ka

Kb > Ka : [OH-] = √Kw/Ka x Kb


Begitulah ceritaku kawan. Sampai saat ini pun para manusia lab itu masih sibuk membanding-bandingkan aku dengan dia (hidrolisis) sampai mereka kebingungan membedakannya. Kami selalu hadir untukmu kawan, karena ternyata kau juga tak lepas dari peran kami kawan, dan kau sebenarnya sangat mengenal kami. Tapi, kami ikhlas membantumu kawan..
^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar